`Musim Penghujan telah tiba waspadai bencana angin puting beliung dan nyamuk eijepti bahaya penyakit DB ( Demam Berdarah )

Wednesday, February 17, 2016

Sosialisasi Pemanfaatan Lahan yang di Selenggarakan oleh KKN UNS 2016 di Desa Mendak


Mendak- Kamis (21/1).  Salah satu program kegiatan mahasiswa KKN UNS di Desa Mendak adalah memberikan sosialisasi mengenai pemanfaatan lahan sempit untuk kebun sayur. Kegiatan sosialisasi ini digelar di Balai Desa Mendak, Delanggu, Klaten pada Kamis (21/1). Peserta sosialisasi adalah ibu-ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga-red) dan pengurus RT-RW.
Acara dimulai pukul 10.40 dan bertindak sebagai pengisi materi adalah Kristian Ari (Kantor Ketahanan Pangan Klaten) dan Sukiran (Kampung Sayuran Ngemplak, Mojosongo). Materi pertama diberikan oleh Kristian Ari. Kristian memberikan materi mengenai cara menanam sayur dilahan dilahan sempit, jenis-jenis tanaman yang bisa ditanam dalam polybag ataupun barang bekas, dan pupuk yang digunakan.

“Saat menanam sebaiknya tidak usah mengeluarkan uang untuk membeli wadah. Manfaatkan barang bekas disekitar anda. Seperti kaleng susu, plastik minyak goreng kemasan, dan botol air mineral” jelas Kristian.
Sementara Sukiran membagi cerita mengenai perjalanan daerah tempat tinggalnya di Ngemplak, Mojosongo, Surakarta yang berubah menjadi kampung sayuran.
“Awalnya warga ditempat saya juga belum berminat untuk menanam sayur pakai polybag. Kemudian lambat laun dengan treatment yang diberikan dan juga dorongan dari mahasiswa KKN UNS maka warga kami mulai bersemangat menanam sayur didepan rumah masing-masing”.

Selain sosialisasi dan sharing, acara kali ini juga dilakukan penyerahan bibit sayuran berserta media kepada seluruh peserta yang hadir. Penyerahan simbolis dilakukan oleh ketua tim KKN UNS, Benny Alan Listianto kepada tim penggerak PKK, Ny.Rosnelly Bandel Hartano. (Ikrar S.Dewi-Mahasiswi KKN UNS)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More