`Musim Penghujan telah tiba waspadai bencana angin puting beliung dan nyamuk eijepti bahaya penyakit DB ( Demam Berdarah )

Wednesday, September 14, 2011

PUNCAK KEMARAU KELOMPOK TANI SEDYO MAKMUR DESA MENDAK BERBENAH DIRI



Antisipasi puncak kemarau kelompok tani Sedyo Makmur  Desa Mendak melakukan gotong royong pembersihan dan perbaikan saluran irigasi di persawahan mereka,kegiataan ini dilakukan karena debit air sudah berkurang  dan diharapkan saluran irigasi bisa lancar dan tidak bocor .
Karena adanya pola tanam yang serentak setelah hilangnya hama wereng coklat kelompok tani Sedyo Makmur  juga menerapkan pen-jadwalan  giliran air secara bergantian untuk block – block persawahan yang ada,ini dilakukan agar supaya semua rata mendapat  jatah giliran air dan petani tidak saling berebut air







Dari informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau akan berlangsung hingga pertengahan Oktober 2011.
Menurut BMKG, potensi turunnya hujan pada September ini sangat kecil. "Setelah melewati pertengahan Oktober, baru ada potensi turun hujan. Karena umumnya di Pulau Jawa, hujan baru terjadi pada bulan itu," sumber dari  Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara BMKG Edvin Aldrian.

Meski demikian Edvin mengungkapkan, saat ini suhu masih dalam kondisi normal, yaitu antara 32-34 derajat Celcius. "Tapi, kalau nantinya terjadi peningkatan suhu, itu bagus. Karena menunjukkan mulai masuk masa pancaroba dan potensi turunnya hujan semakin besar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More