`Musim Penghujan telah tiba waspadai bencana angin puting beliung dan nyamuk eijepti bahaya penyakit DB ( Demam Berdarah )

Wednesday, February 17, 2016

MAHASISWA KKN UNS 2016 GELAR SOSIALISASI BAHAYA HIV/AIDS DI DESA MENDAK

Mendak-Selasa (19/1). Bertempat di Balai Desa Mendak, Delanggu, Klaten, mahasiswa KKN UNS menggelar sosialisasi dengan tema bahaya bebas dan bahaya HIV/AIDS. Acara yang diselenggarakan pada Selasa (19/1) dimulai pukul 19.40. Sosialisasi ini mendatangkan pembicara dari KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Klaten, Amin Bagus Panuntun,S.E.
Pada acara kali ini mengangkat judul “ Sosialisasi Dampak Pergaulan Bebas dan Bahaya HIV/AIDS”. Peserta yang hadir adalah anggota karang taruna Desa Mendak. Sosialisasi dihadiri oleh 41 peserta. Selain dari karang taruna, sosialisasi juga dihadiri oleh Kepala Desa Mendak, Drs. Bandel Hartono, dan perangkat desa.
“Usia produktif adalah usia yang rawan terkena infeksi HIV/AIDS. HIV dan AIDS itu berbeda. HIV adalah virus sedangkan AIDS adalah sekumpulan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh”kata Amin.
Didalam materi yang disampaikannya,Amin menjelaskan bahwa HIV/AIDS tidak menular jika hanya bersentuhan saja. HIV/AIDS bisa menular jika melakukan hubungan badan dengan orang penderita HIV/AIDS. Salah satu media penularan virus HIV adalah bergantian jarum suntik pada pengguna narkoba.
 Amin menekankan bahwa selagi masih muda jangan menyia-nyiakan masa muda dengan melakukan hal-hal yang nantinya akan merugikan diri sendiri. Acara diakhiri pukul 21.00 dan diakhir acara peserta, panitia, dan pembicara melakukan selfie bersama. (Ikrar S.Dewi-Mahasiswi KKN UNS)




Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More